04 Januari 2009

Sebuah PROSES



Betapa pentingnya mengetahui sebuah proses. Itu saya sadari belakangan ini.....Maksudnya proses menghadirkan makanan di meja makan.

Kalau jaman membujang dulu,,,saya cukup memberikan sejumlah uang kepada ibu untuk kemudian menjadi persediaan makanan selama sebulan....terserah mau masak apa dan bagaimana,,,yang penting ada sudah ada di meja makan...tidak pernah ambil pusing dan saya juga tidak pernah cerewet tentang menu yang terhidang,,,suka ya dimakan,,,gak suka ya keluar rumah cari makanan....

Tapi bukan berarti saya buta banget terhadap kegiatan dapur...saya cuma gak hobby dan gak tertarik....jadi kalo MPP (masa persiapan perkawinan) biasanya diisi dengan belajar masak, saya malah sibuk keluyuran seperti biasa,,,dan gak ada hubungannya dengan persiapan perkawinan...ibu saya ribut dengan masalah cendera mata dan tetek bengek lainnya,,,saya tetap saja acuh tak acuh dan datar,,,,tampaknya saya takut kehilangan kebebasan saya,,,,aneh,,,biasanya laki laki yang seperti ini,,,apa saya dulunya laki laki?..ha..ha..

Teman teman saya mengatakan bahwa saya cuma tinggal bersama secara sah bukan menikah,,,he,,he lucu juga...tampaknya kebiasaan menyendiri masih terekam kuat.

Beberapa tahun belakangan ini saya mulai menaruh perhatian terhadap makanan...iya dong...kalo gak tau proses bisa dikibulin terus sama pembantu....enak juga belanja di tukang sayur..tau harga tahu putih berapa se plastik, harga bawang, cabe.....dll.

Begitu juga dengan proses pemasakan,,,,walaupun saya punya pembantu,,,tapi entah kenapa lebih senang memasak sendiri di hari hari libur....Yah,,saya cuma mengandalkan logika utk bumbu bumbu,....tapi menarik,,,ternyata ada banyak ibu rumah tangga yang gak bekerja tapi malah mengandalkan pembantu untuk masak,,,berarti tidak perlu putus asa kalo saya gak jago jago amat. Tangan saya beberapa kali terluka terkena percikan minyak panas,,tapi toh gak kapok,,,,

Sepertinya saya ditakdirkan untuk melakukan apa2 serba sendiri dan learning by doing,,,,he,,he...contoh waktu anak saya lahir melalui bedah caesar...kalau orang lain ada ibu yang membantu mengurus anak pertama kali,,,e lah pas saya kok ibu mendadak kena stroke saat saya melahirkan,,,akhirnya saya cuma berbekal petunjuk kilat cara memandikan bayi dari suster rumah sakit...belum tau juga cara mengurus bayi gimana,,,wong belum selesai baca buku petunjuk,,,lebih tertarik baca buku sejarah,,he,,,he....

Di rumah cuma ada pembantu yang masih kecil,,,gak ngerti cara ngurus bayi merah...ya sudah,,,bayinya sudah keburu lahir,,masa mau dimasukkin lagi,,,

Akhirnya berbekal petunjuk praktis dari suster rumah sakit dan contekan buku buku,,,saya mengurus bayi tersebut dari saat pulang dari rumah sakit...kebayang dong abis operasi,,,jahitan belum kering,,langsung cancut taliwanda ngurus anggota baru,,,sebelumnya boro2,,,denger bayi tetangga nangis aja udah pusing ditambah gak tertarik dengan anak anak,,,,he,,he...

Tuhan memang maha Bijaksana,,,,,setelah mengalami baby blues, depresi berminggu minggu bahkan bulanan akibat kelelahan,,,perlahan-lahan saya memahami pelajaran yang diberikan tanpa peringatan itu. Betapa dengan melalui proses tersebut saya terbiasa mengurus anak sendiri tanpa bantuan orang lain,,dan tidak tergantung dengan baby sitter,,,akhirnya pelan pelan membentuk pola pikir saya tentang seorang anak,

Ibu saya pun kelihatan takjub melihat saya mampu mengurus bayi itu tanpa bantuan,,,yang menyebalkan sering terucap dari beliau,,,"gak nyangka si Asyar bisa hidup, padahal kamu sendirian" ...grghhh!..disangkanya aku tukang jagal anak kali,,,ha,,ha

Tidak ada komentar: