22 Januari 2009

I LOVE THE BLUE OF INDONESIA


Coba perhatikan iklan iklan di televisi sekarang, berapa banyakkah yang contentnya entah itu kata kata atau jinglenya yang kita ingat. Lebih jauh lagi adakah iklan yang begitu melekat di ingatan kita sehingga kita rela menghentikan kegiatan sejenak untuk sekedar melihat,,,yang ini sangat sangat jarang, biasanya begitu commercial break tiba channel langsung berpindah.

Iklan televisi memang media yang ampuh untuk memperkenalkan produk dikarenakan daya jangkauan TV yang luas. Bayangkan saja di jam jam primetime program 1 jam mempunyai sekitar 4 commercial break dengan rata-rata break berdurasi 2 menit, bisa berapa banyak iklan yang tayang dalam 1 hari.

Banyak yang bilang iklan yang mudah diingat itu kalau tidak bagus banget ya jelek banget. Contoh iklan GSM 3 nya Indosat,,,yang "Cakep, cakep, cuaakeep, jojing, jojing, jojing,,,,,," norak banget kan,,,? tapi saya terbahak bahak melihatnya.

Tapi dari semua iklan yang pernah saya lihat, belum ada yang dapat mengalahkan iklan Bentoel jaman dulu, the first version - I LOVE THE BLUE OF INDONESIA.....iklan itu sukses merangsang nasionalisme kita, gambar dan terutama jingle membuat iklan ini menang penghargaan pariwara nasional. Kalau diperhatikan sejak saat itu mulai bermunculan iklan sejenis. Iklan ini alih alih membuat orang ingin merokok yang terjadi malah menumbuhkan rasa cinta terhadap Indonesia.

Bentoel sebagai produk rokok memang memiliki banyak hambatan dalam beriklan, karena peraturan pemerintah memang melarang rokok beriklan dengan telanjang. Jadi pembuat iklan rokok memang harus kreatif menyiasati ini. Dana yang digelontorkan oleh produsen rokok untuk belanja iklan memang menggiurkan pemilik biro iklan.

Setengah mati mencari videonya di Youtube, sayang tidak ketemu,,,hanya ada the new version dalam bahasa Indonesia.

I love the blue of Indonesia
It's a flavour in the air
I love the blue of Indonesia
You can taste it everywhere

Tidak ada komentar: