25 Desember 2008

Catatan (pinggir)

Hasil mengulik ngulik buku dan pencarian di google dan wikipedia menimbulkan beberapa catatan.

Nabi Muhammad Saw lahir tahun 570 masehi, saat itu di Nusantara adalah kerajaan Tarumanegara dibawah Raja
Kertawarman (561-628). Berarti saat Muhammad Saw menyebarkan Islam, pada saat yang sama agama Hindu dan budha berkembang pesat di Nusantara.

Andalusia (saat ini adalah Spanyol) lepas dari kekuasaan kekhalifahan Islam tahun 1492 akibat serangan 2 kerajaan;
Castilla dan Aragon yang dipimpin oleh Ratu Isabela dan Raja Ferdinand dengan ditandai oleh jatuhnya benteng Al Hambra di Granada. Saat Islam tenggelam di bumi Andalusia, Fajar Islam kembali menyingsing di bumi Demak tahun 1478 dengan Raden Patah.
sebagai Sultan pertama.

Pada saat dinasti
Abassiyah berkuasa di Baghdad, puncaknya pada saat Al Ma'mun yang disebut sebagai the most brilliant period of Islam, kerajaan Sriwijaya juga berada di puncak kejayaannya sebagai pusat agama Budha dibawah kekuasaan Balaputra Dewa dari wangsa Sanjaya.

Pada masa kejayaan Islam, Cordoba sebagai salah satu kota di Andalusia didatangi oleh para pelajar Eropa Kristen untuk belajar ilmu pengetahuan. Salah satu diantaranya adalah
Thomas Aquinas, yang kelak akan menulis Summa Teologia yang merupakan doktrin dasar agama Katolik.

Gaung pemikiran
Ibnu Rusyd (Averroes, 1126-1198)) bahkan menjadi dasar gerakan Renaissance di Eropa, sebuah era baru yang mengakhiri The dark age.

Saat Andalusia berseliweran para jenius seperti Ibnu Sina, Ibnu Rusyd dan para filsuf, berkembangnya ilmu kedokteran, filsafat, fisika dan matematika; Kerajaan Kediri (1042-1222) mendapat giliran muncul di Nusantara, puncaknya saat Sri Jayabhaya bertahta dan kakawin Bharatayudha digubah oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh (1157).

Sepertinya saat itu sebagian besar rakyat Nusantara masih sibuk berkutat dengan dunia mantra, mistik dan penyembahan berhala arwah nenek moyang, sementara di belahan bumi yang lain fajar kesadaran telah menyingsing.

Agama Hindu di Indonesia pada masa itu lain dengan agama Hindu di India, Agama di Indonesia memuja arwah nenek moyang yang diatasnya diletakkan patung dewa dewa Hindu. Tak heran jika Ken Arok dianggap sebagai titisan Syiwa atau Kertanegara saat wafatnya dicandikan sebagai Syiwa

Seperti laiknya hukum alam berlaku, kejayaan Islam berakhir saat jatuhnya Andalussia dan digantikan oleh Kristen...semua sesuai hukum alam,,,ada saat terbit, ada masa tenggelam. Semua sesuai dengan
Sunnatullah.

Tidak ada komentar: