25 Desember 2008

Catatan 25 Desember

Saat perayaan hari raya keagamaan, saya selalu menikmati keberagaman cara pemeluk agama di Indonesia dalam merayakan hari besar dalam agama mereka.

Heterogenitas suku bangsa memberikan ciri unik dalam sentuhan rasa keberagamaan. Seorang salik (pencari Tuhan) mempunyai jalan ruhani sendiri yang berbeda dari orang lain dalam menemukan Dia yang maha menciptakan.

Semua agama mempunyai cara masing masing untuk mengajarkan ketauhidan. bahkan menurut buku yang pernah saya baca, kata Jawa mempunyai makna tauhid. Maka orang yang tidak bertauhid adalah bukan orang Jawa.

Tauhid adalah mengakui ke-esaan Tuhan sebagai maha Pencipta, maha Penyayang, maha Pengampun dan maha maha yang lainnya. Maha sendiri bisa berarti tidak tertandingi.
Tauhid bukan semata milik umat Islam. Agama Kristen baik Protestan, Bethany, Advent,dan Katolik, Hindu, Budha bahkan aliran seperti kejawen, sunda wiwitan, wetu telu dan lainnya mengajarkan Tauhid.

Semua tarekat dalam Islam baik Syathariah, Nasyaqbandiah, ahlus sunnah, sunni, syiah juga mengajarkan tauhid dengan jalan yang berbeda beda.

Tidak ada satupun jalan yang dapat mengikrarkan sebagai jalan yang terbaik dan terlurus dibanding jalan lainnya.

Dia yang maha Menciptakan sudah mengatur jalan menuju Nya dengan melalui bermacam jalur.
Tidak ada satupun mahluk yang boleh bertindak atas namanya dalam menentukan jalan mana yang paling benar. Semua sudah digariskan, tidak pernah meleset walau hanya sehelaan nafas.

Iblis pun telah Ia ciptakan jalan untuk senantiasa menggoda manusia dan nantinya pun akan kembali pada Nya.

Saya selalu tergila gila dengan heterogenitas dan keberagaman dalam kehidupan beragama. Tuhan telah menunjukkan kebesarannya melalui keberagaman ciptaan Nya.

Betapa Tuhan tersenyum saat menciptakan Nusantara. Alangkah sayangnya jika manusia sebagai mahluk ciptaan merasa diri sebagai Tuhan dan merasa berhak menentukan jalan yang dianut menuju Nya sebagai jalan yang paling lurus dan menista jalan lainnya sebagai sesat.

Tidak ada komentar: