10 Desember 2008

3 DOA




Nggak rugi nonton film ini….kebetulan seorang teman memberikan undangan premierenya,,,film ini sendiri baru akan release di bioskop tanggal 18 Desember.

3 Doa 3 Cinta berkutat pada 3 orang santri di pondok pesantren daerah Bantul.

Huda (Nicholas Saputra) ingin bertemu dengan ibu kandungnya, Rian santri bandel yang ingin membuka usaha video kawinan setelah lulus nanti dan Syahid, sesuai namanya bercita-cita ingin mati syahid dan masuk surga.

Digambarkan kehidupan pesantren yang dipimpin oleh seorang Kyai yang selalu menekankan untuk selalu menghormati keyakinan yang berbeda. Santri-santri tersebut juga mengikuti pengajian yang dipimpin oleh Kyai beraliran keras yang sekilas mirip Amrozi.

Dari 3 sahabat itu hanya Syahid yang tertarik dengan ajaran radikal tersebut. Rasa benci terhadap barat semakin mengental ketika ia harus merelakan sawah ayahnya dijual dengan harga murah kepada seorang bule demi untuk pengobatan ayahnya.

Huda berkenalan dengan Dona Satelit (Dian Sastro) seorang penyanyi dangdut keliling yang bermimpi menjadi artis, yang akhirnya menolong untuk mencari alamat ibu kandungnya di Jakarta.

Lalu Rian yang tertarik untuk mengikuti bioskop keliling dan ingin meninggalkan pesantren.

Film ini juga memotret kehidupan ulama yang menjalankan poligami, santri senior yang ternyata mengidap homoseksual dan pergaulan dalam pesantren.

Film ini menarik dengan mengusung tema yang tidak biasa ditambah dengan dialog yang pas dan gambar yang wajar.

Sutradara ternyata tidak terjebak untuk menjodohkan Nicholas Saputra dengan Dian Sastro sehingga endingnya terasa masuk akal

Tidak ada komentar: