29 Maret 2009

Situ Gintung

Baru saja mendatangi Situ Gintung untuk menyerahkan bantuan yang dikumpulkan dari warga Bukit Rivaria. Perjalanan menuju ke sana macet berat, walaupun jaraknya tidak begitu jauh dari Sawangan.

Perasaan tidak nyaman menyergap begitu sampai di lokasi karena harus melihat orang orang yang datang hanya untuk berwisata sehingga menghambat mobil mobil bantuan.

Sebenarnya aku sudah ingin meninggalkan lokasi setelah bantuan tadi diserahkan kepada relawan, tapi ibu ibu yang yang bersamaku ingin melihat lokasi bencana; Secara pribadi aku yakin para ibu tersebut tidak bermaksud berwisata, namun mengingat evakuasi yang masih berlangsung rasanya kurang bijaksana memaksakan diri ke lokasi tanpa bisa melakukan apa apa selain hanya untuk melihat walaupun sebelumnya kita membawa bantuan. Kehadiran orang orang yang tidak berkompeten malah hanya akan mengganggu proses evakuasi.

Sempat tercetus dari mulutku kalau seharusnya lokasi benar benar steril dari warga yang berdatangan tanpa kepentingan, tapi seorang ibu langsung menukas bahwa itu hak orang. Setidaknya sampai proses evakuasi selesai, sahutku agak kesal sambil menunjuk mobil ambulance dan beberapa mobil tangki pembawa pasokan air bersih yang terhambat tugasnya karena warga yang berjubel menonton, barulah Ibu temanku itu terdiam.

Seakan menjawab kekesalanku tadi ternyata jalan masuk ke tempat kejadian sudah diblokir sehingga setidaknya lokasi aman dari kunjungan wisatawan lokal.

Tidak ada komentar: