14 November 2008

Kerajaan terkuno

Waktu SD atau SMP dulu, pasti pernah diajarin sama Guru2 kita kalau kerajaan tertua di Indonesia itu adalah Kutai...dah!! tanpa penjelasan itu adalah Kutai Kartanegara atau Kutai apa.

Yg nyangkut pasti Kutai Kartanegara...padahaaaal,,,,itu salah sama sekali,,,Kutai Kartanegara berdiri sekitar abad ke 13,,,sebelumnya ada Kutai Martadipura yang didirikan pada abad ke 5.

Berarti Kutai Martadipura kerajaan tertua di Indonesia?...ha..ha masih salah. Kerajaan tertua nusantara dipegang oleh Salakanagara.

Asing kan...:) Salakanagara itu ada sekitar th 100SM - 300SM dan terletak di daerah yg sekarang menjadi bagian dari propinsi Banten yaitu Pandeglang..Ptolomues menyebutnya sbg Arygyre....Salakanagara didirikan oleh Aki Tirem asli orang Sunda..dan yang menjadi raja pertamanya adalah Dewawarman menantunya dari India....Berarti kita saudaraan dg org India sejak dulu....males banget kan dengernya...he..he..

Keturunan Aki Tirem dan Dewawarman inilah yg kelak menurunkan raja2 besar nusantara, ada yang mendirikan kerajaan Sriwijaya, di Jawa Timur ada Sanjaya yg kelak mendirikan Mataram Kuno. Lalu Raden Wijaya yg kelak mendirikan kerajaan Majapahit. Berarti Ken Dedes kalah pamor yah..kan selama ini katanya dialah wanita utama yg melahirkan raja2 besar pulau jawa.

Tapi bener juga sih karena Raden Wijaya sebagai keturunan Ken Arok dan Ken Dedes beristrikan 4 putri Kertanegara yang juga keturunan Ken Dedes dengan Tunggul Ametung.
Rekonsiliasi..akhirnya..

Kebesaran kerajaan wilayah Sunda sendiri berakhir di tangan Kesultanan Banten setelah sebelumnya berputar putar sekitar ciamis, bandung, dan bogor dan berganti ganti nama dari Tarumanegara, Galuh Pakuan, Pajajaran, Sundapura; dengan diboyongnya watu gilang ke kesultanan Banten.

Tapi yang belum jelas adalah garis membawa silsilah Ken Arok dan Ken Dedes.....Siapa Ken Arok juga masih gelap...Ken Dedes juga hanya dibilang sbg anak Mpu Parwa dari Panawijen....Sepertinya banyak pengaburan sejarah di Jawa Tengah, lbh banyak mitos yang beredar dibandingkan fakta tulisan.

Ken Arok yg hanya seorang perampok, dilegitimasikan sbg keturunan dewa Brahma (asal banget gak sih).....

Babad2 yang ada juga terlalu banyak dibumbui mitos sehingga membingungkan pembaca. Kerajaan Mataram contohnya.....terang terangan melegitimasikan dirinya sebagai trah langsung Majapahit daripada kerajaan yg existed sebelumnya yaitu Demak.

Demak dianggap hanya sebagai peralihan apalagi Pajang yg sepertinya diabaikan.

Ki Ageng Pamanahan misalnya disebut sebagai keturunan langsung Prabu Brawijaya Majapahit, tidak jelas dari selir atau permaisuri. Kalaupun selir,,,selir yg mana, krn jumlahnya ratusan. Mestinya sama dong dg Sultan Adiwijaya dari Pajang yg merupakan anak dari Ki Ageng Pengging, Ki Ageng Pengging adalah anak dari Pangeran Andayaningrat yg katanya adalah anak dari Prabu Brawijaya, gak jelas jg dari ibu yg mana.

Pun Raden Patah pendiri Demak, juga anak dari Brawijaya dengan selir cina.

Jangan lupa Mataram semula adalah hadiah dari Sultan Adiwijaya kepada Ki Ageng Pamanahan dan anaknya, Danang Sutawijaya yg diangkat anak oleh Sultan Pajang sendiri serta seharusnya tunduk kpd Pajang,,tapi di kemudian hari malah mengkhianati ayah angkatnya.

Lalu kemana anak Prabu Brawijaya dengan Permaisuri Dwarawati yang jelas2 merupakan pewaris sah darah Majapahit ? Kenapa yg jelas2 cuma keturunan dari selir aja mengaku ngaku sampai sekarang sebagai keturunan terpilih...aneh..aneh!...






Tidak ada komentar: