20 November 2008

JODHAA AKBAR

Iseng nyari2 film India “Jodhaa Akbar” di youtube….katanya sih bagus…Setelah iseng nonton “Tali Pocong Perawan” tapi cuma tahan 2 file, ,,sorry to say,…juuelek buanget…!!..tapi kok bisa ya penontonnya lebih dari 1 juta…..????

Ketemu juga yg pake English subtitle….filmnya sendiri berdurasi 3 jam 35 menit….pegel juga downloadnya,,,,

Jodhaa Akbar ialah film tentang Princess Jodha, seorang putri Raja Ahmeer, kerajaan Hindu yang harus menjadi permaisuri Raja Jalaludin Muhammad Akbar, Raja kerajaan Islam dari dinasti Mughal (dinasti yang nantinya akan mendirikan Taj Mahal).

Kerajaan Mughal adalah yang terbesar dan terkuat di India saat itu (abad ke 16). Jodhaa mau menjadi permaisuri demi keutuhan rakyatnya.

Pernikahan terjadi dengan kesepakatan bahwa Jodhaa akan tetap memeluk agama Hindu dan tidak ada paksaan menjadi Islam.

Seperti laiknya film India romantis, pernikahan yang semula bersifat bisnis pelan2 mencair menjadi cinta,,,,,sayangnya film India gak bisa lepas dari lagu2, walaupun gak seperti film2 mainstream, tapi teteup ada tari2 an kolosal plus gantungan kain-kain di luar padahal lagi adegan main pedang,,,,J J

Sambil menunggu download yang leletnya ampun ampunan….aku nanya ke simbah Google tentang Jalaludin Muhammad Akbar…..wah!....simbah pinter banget….Jalaludin Akbar memang raja terbesar dari dinasti Mughal,,,,saat pemerintahannya Islam dan Hindu dapat berdampingan dg damai. Islamnya bersifat sinkretis.

Penerusnya, Aurangzeb,,lebih keras dalam menerapkan ajaran Islam…saat itulah muncul pemberontakan umat Hindu dan sampai sekarang umat Islam dan Hindu di India
terus bertikai.

Tidak ada komentar: