26 September 2012

Nikmati Perjalananmu

Seorang pejalan yang selalu menikmati proses....itu kali ya maksud "Slow Traveler"

Banyak jenis traveler.  Ada yang senang traveling cantik, jalan ke tempat-tempat populer, foto foto, tempat nyaman.  Teman saya bolak balik kalau cuti ke Singapore, pernah ke Thailand, Vietnam, Hong Kong. Ada yang senang ke tempat aneh-aneh, kemana mana sleeping bag buat persiapan kemping, gak keberatan dengan kondisi daerah yang minus hotel melati apalagi yang kategori bintang.


Atau ada traveler kaya raya, setiap cuti destinasinya selalu keluar negeri kayak Eropa Timur, Turki atau Afrika misalnya.  Kayak bos saya yang dapat pesangon milyaran sehingga bisa traveling keliling amrik pake level business class.

Kalau saya?.....hmmm, agak susah ya.  Kalo dimasukkin grup penggemar traveling nyaman, ya nggak juga.  Saya gak suka tempat classy selain gak punya duit juga. Dimasukkin ke grup hardcore, travelling yang sangar, ya masih jauh juga dari kriteria itu.  Saya belum pernah berkemah di tempat terbuka, MCK di sungai.  Setidaknya masih sanggup bayar hotel kelas melati lah...

Saya penikmat arsitektur kuno, rumah-rumah tua, tapi masih malu-malu kalau harus ketok pintu tanya-tanya sama yang punya. Saya suka pantai, pegunungan yang agak susah dijangkau, tapi suka susah cari teman yang seide..kalo udah gitu gak ada jalan lain selain kembali mengganggu suami untuk ikutan, karena ijin gak keluar kalo pergi sendiri.  Saya suka museum dan candi-candi tapi suka bete kalo guidenya lebih bego dari saya :),.berasa rugi gitu.

Barangkali kategori saya memang slow traveler, kalo tidak dibatasi cuti, lagian saya juga naik mobil kalo pas keliling Jawa jadi ya emang lebih slow dibanding naik pesawat. Saya menikmati proses perjalanan, tidak keberatan harus tidur di mobil yang berhenti di pompa bensin.  Bahkan saya bela-belain bisa nyetir, bukan karena gaya-gayaan  tapi kalau traveling jarak jauh dengan keluarga tentu harus solider, ikut urun tenaga pegang setir.

Beberapa orang sempat menanyakan kenapa saya bisa tidur di pompa bensin, kenapa gak menyewa motel yang bersih...Hmmmm, banyak jawabannya, misalnya jalur itu tidak tersedia penginapan, lagian repot harus keliling nyari penginapan padahal sudah ngantuk berat, toh kita hanya butuh tidur 1-2 jam, ngapain pake penginapan, satu lagi..hemat biaya toh.

Saya juga gak keberatan harus nginep di homestay murah meriah di destinasi tujuan...agak repot jika membawa anak, tapi itulah tantangannya..:).

Tapi gak usah pusing dengan kriteria-kriteria, nikmatilah perjalanan kita.  Kalo emang suka dengan traveling cantik, nginep di hotel berbintang ya lakukan aja...gak dosa kok.  Kalo suka berpeluh peluh mendaki gunung, atau nginep dengan kondisi lara tapa..ya monggo...kita bisa ketawa tawa mengenang sengsaranya perjalanan menuju Ujung Genteng misalnya. Kalo mau ikut tour 4 negara dalam 7 hari ya gak masalah, selama ada duit kan?..

Memang cukup repot buat orang kayak saya mencari teman yang sejiwa dalam traveling, yang berjenis kelamin perempuan.  Kebanyakan teman perempuan saya lebih memilih Singapore dan menggeleng saat saya mengajak trip kelas rakyat ke Labuan Bajo atau Sumbawa misalnya dengan pertimbangan biaya tiket ke Labuan Bajo lebih mahal dari tour ke Singapore.  Dengan alasan-alasan tersebut di atas sampai sekarang Labuan Bajo masih jadi Mimpi.

Road trip menyusuri Pantura misalnya cukup menyita waktu dan tenaga padahal hanya di Jawa.

Dan jalan-jalan ke pelosok Indonesia butuh biaya lebih mahal dibanding trip ke Singapore, Thailand dan Vietnam.  Dibutuhkan effort dan kesabaran berlebih karena kondisi dan fasilitas yang minim belum lagi ketidaknyamanan akibat kurangnya kesadaran masyarakat di sepanjang perjalanan dan tempat wisata.

Tapi daya tarik untuk melihat negeri sendiri sangatlah kuat, saya mengabaikan ajakan-ajakan untuk wisata keluar negeri walaupun memang lebih murah dan nyaman.  Hati kecil saya merasa sayang kalo uang saya habis buat negara lain...:)

1 komentar:

Baktiar77 mengatakan...

Semoga keinginan untuk melangkahi tanah Flores khususnya ke Labuan Bajo akan terlaksana suatu hari nanti... dengan teman yang seide