12 September 2012

Keluhan di Mesjid Demak

Sedikit berbagi tentang Mesjid Demak.

Sepertinya gak perlu lagi ngejelasin apa itu Mesjid Demak, di google udah ribuan entry tentang Mesjid Demak.


Makanya saya cuma mau menyampaikan sedikit keprihatinan tentang orang orang yang selama ini mencari nafkah di sekitar mesjid.

Matahari lagi kenceng kencengnya menyorot saat saya berada di halaman Mesjid, mau masuk tapi ragu ragu mengingat tidak memakai kerudung.    Di hari lebaran kedua ini, Mesjid Demak sepertinya tampak agak lengang, pengemis yang katanya sering banyak berseliweran kalo Lebaran malah gak nongol satu pun.

Waktu itu ada bapak bapak yang semula saya duga pengurus mesjid, mempersilakan saya masuk.
Dipersilakan dengan ramah kayak gitu, saya tentu saja girang dan segera lepas sendal untuk masuk ke pendopo mesjid.  Eh, gak dinyana si bapak menyodorkan semacam stensilan, 2 biji dan langsung bilang sumbangan serela-nya...saya lupa untuk apa, tapi berhubung Lebaran kan emang waktunya beramal, saya kasih 20 ribu untuk 2 buku tipis stensilan itu.

Begitu uang itu berpindah, si bapak dengan basa basi mempersilakan saya masuk dan langsung balik badan..Hehh?....saya sangka dia akan cerita tentang bangunan ini, rupanya cuma minta sumbangan yang dituker dengan buku tipis pis gini, waduh, ternyata tukang dagang nih si bapak.

Masuk ke ruang dalam, mengambil foto tiang saka, ternyata saya dapat teguran dari bapak yang sedang duduk bersila karena dilarang mengambil foto, ternyata saya gak lihat tanda dilarang foto tersebut yang memang terpasang dekat pilar.

Ya udahlah, saya celingak celinguk mencari pemandu..saya keluar untuk menanyakan kepada bapak yang tadi jualan, ternyata orang yang tadi menegur saya itu yang jadi pemandu.

Dimulai dengan "Mesjid Demak adalah..bla..blah...dan dibangun tahun sekian...".gak nyampe 15 menit juga selesai, eh 10 menit deng.  Saya masih tertegun dengan penjelasan ala kadarnya itu, sampai mau nanya pun lupa. 

Penjelasan si Bapak itu kalo dibanding dengan mas Wiki atau mbah google sepertinya masih lebih lengkap si mas dan si mbah deh.  Belum lagi saya selesai dengan keanehan ini, tiba tiba bapak itu mempersilakan saya untuk mengambil foto. Lah?...kan tadi dia yang bilang gak boleh foto. Tiba-tiba saya seperti kena kisikan...membuka dompet, ragu-ragu sejenak lalu mengambil 50 ribu...

50 ribu cuma untuk penjelasan basa basi...!  sepertinya hari ini ada 4 malaikat di sekeliling saya, mentang-mentang ini lebaran.  Total 70 ribu rupiah keluar hanya untuk 2 stensilan sama keterangan yang gak mutu itu.

Ah, rupanya Mesjid emang dijadikan sebagai sandaran ekonomi bagi masyarakat sekitar. Tapi sayang banget, nilai nilai sejarah yang seharusnya menarik malah diabaikan. Indonesia, Indonesia...

Stensilan itu saya buka-buka, ealaaahhh...isinya juga ndak jelas..lebih banyak dongeng Wali Songo tapi kopipas dari mana gitu..jadi malah bikin bingung.

Keluar mesjid sempat naik dokar keliling pasar, kena 20 ribu,,,malah lebih murah ini,,,biaya kuda, keretanya plus 4 orang.

Jadi lain kali kalo mau masuk mesjid ya masuk aja, jangan ragu-ragu kayak saya,supaya gak jadi inceran para pedagang yang nyaru jadi pengurus mesjid.




Tidak ada komentar: