29 Agustus 2012

Kudus dan Lasem



















Kudus, adalah tujuan utama kami.  Melewati kebun tembakau sepanjang Temanggung.  Sempat mengalami gangguan rem.  Rem berbunyi gelodakan saat diinjak,,,,ya ampun sepertinya kampasnya tipis deh..kata suami saya. sehingga harus berhenti di bengkel selama 3 jam, membiarkan montir mengutak-atik rem berhubung spare part asli tidak tersedia sehingga harus dimodifikasi, bagaimana caranya supaya bisa jalan kembali.

Berhubung gak mungkin tiba di Kudus sore hari...mengingat pas buka puasa masih berada di jalur menuju tol Ungaran, terpaksa berhenti dulu, di kedai kopi Banaran, lepas temanggung,,itu juga gak sengaja nemunya.  Overall makanannya cukup enak kok..

Perhentian itu menyebabkan perkiraan ketiba-an di hotel Central Kudus meleset jauh.  Hotel Central yang akan jadi markas selama 3 hari adalah sebuah hotel kecil tapi nyaman di jalan Kepodang.  Hotel ini dilengkapi dengan sinyal wi-fi yang lumayan kencang.

tembakau
tanaman tembakau

Hari ini 2 hari sebelum puasa Lebaran, karena sampai di Kudus sudah malam, rumah makan pun sudah banyak yang tutup, namun alun alun sangatlah ramai...cari cari keterangan di menara Kudus berada ternyata gak jauh dari alun alun...naik becak bisa kok mbak,,,kata tukang parkir yang saya tanyai.
 
Ternyata di Kudus itu sudah ada KFC, ada mall baru dengan jajanan ala Jakarta.....kapitalis emang gak kenal tempat ya....

Setelah berjalan-jalan lihat suasana, akhirnya memutuskan tidur karena paginya akan ke Lasem, melihat lihat pecinan di Lasem....

Untuk harga 350 ribu per malam termasuk sarapan , kamar di hotel ini layak direkomendasikan, tempat tidurnya nyaman dan lega.  masih ada space yang cukup jika ingin menaruh kasur tambahan.  kebetulan kami membawa kasur tiup yang cukup besar untuk Asyar.  Jadilah ia berbaring nyaman di kasur tambahan tersebut sedang ayah ibunya menikmati ranjang besar...:)

Jika ingin laundry hotel juga gak mahal...harga paling mahal sekitar 6 ribuan untuk sepotong jas,,,jadilah saya melaundry beberapa pakaian.  Kalau pakaian dalam mah cuci sendiri aja...toh cepat kering kalo digantung di kamar mandi :)....

Niat awal yang semula ingin melihat pabrik rokok dan buruh buruhnya terpaksa batal karena semua libur :)..

Pagi datang...perjalanan menjelang...menuju Lasem.  Walaupun dalam jalur pantura, tapi sama sekali tidak macet.  Hanya saja di beberapa ruas, kondisi aspalnya tidak bagus, karena akan dibeton sepertinya...cukup mengganggu.  Kalo gak salah sekitar Pati dan Rembang.



Di Lasem, sempat kebingungan mencari pecinan, tidak ada petunjuk apapun tentang pecinan..pas jalan pelan-pelan ternyata ada plang kampung batik sebelah kanan jalan.  Langsung mobil berbelok..dan tibalah di jalan kecil di apit oleh dinding tua dan pintu pintu kuno bergaya Cina.  Tanpa membuang waktu segera saya arahkan kamera ke berbagai jejak masa lalu tersebut.
Pintu kuno
 

Celingak celinguk mencari batik di rumah-rumah,,,,had no clue anyway...akhirnya ada mbak mbak yang kebetulan membuka pintu pagar,,,karena saya melihat plang nama toko di pintu pagar..dengan nekad saya menyapa..."buka gak mbak?...."buka kok...masuk aja"...hi..hi..alhamdullilah.

Pemiliknya seorang wanita Tionghoa (pastilah),,,,,segera mempersilakan kita melihat lihat koleksinya...ternyata para pembatik di rumah tersebut sudah libur.
Sekar Jagat yang harganya 150 ribu..

Batik Lasem mempunyai motif Naga karena pengaruh Cina dengan warna warna cerah..cantik sekali.  Karena batik yang diproduksi di Lasem adalah batik tulis, maka harga termurah adalah sekitar 150 ribuan, saya beli motif sekar jagat seharga yang itulah.,,,gak kuat kalo mahal mahal..:)

Ada yang saya taksir,,ternyata harganya 800 ribu,,,haduuuh...saya bukan ibu pejabat, harga segitu sih mahal banget
Yang biru ini harganya 800 ribu.




Sebenarnya ada merk terkenal Sekar Kencana milik Sigit Wicaksono sayang gak ketemu tempatnya...tapi untung masih ketemu toko batik Pusaka Beruang, sayangnya tidak ada kemeja anak anak atau ukuran XL untuk pria,

Puas, berkunjung akhirnya balik ke Kudus, sempat mampir di Klenteng Cu An Kiong, sayang tutup...

Sempat melihat plang Hotel Wijaya dan Hotel Surya, ternyata dua hotel yang selalu disebut-sebut orang kalau berkunjung di Lasem itu ada di tepi jalan besar.

Akhirnya beneran pulang ke hotel,,,melewati jalur Caruban, melihat kiri kanan ladang garam, wohoho...panas banget di luar
Merapikan ladang garam

Para petani garam
Sambil berjalan pulang..terpikir mampir ke museum Kartini di Rembang,..dan ternyata tutup..tapi tetap boleh foto2 di pendoponya...dan ada beberapa anak muda yang sedang berkunjung.
  Saking pengen lihatnya ada yang sampe manjat bahu temannya untuk ambil foto. Ada yang aneh...sementara pintu tengah terkunci, eh, malah kamar mandi berisi bak mandi Kartini terbuka lebar.
Bak mandi Kartini

Puas melihat-lihat, kali ini beneran balik ke hotel dan istirahat menunggu buka...tidur pulas akhirnya...

Bangun ternyata tinggal 30 menit menuju buka, sepakat untuk berbuka di soto Pak Denuh yang terkenal itu di jalan AKBP Agil, dan seperti yang diduga,,,penuh, tapi dapet tempat juga kok. Total 3 soto plus sate tambah minuman, rambak sekitar 79 ribu-an lah.

Lagi lagi ke alun2..saya sih memutuskan naik becak ke menara Kudus, tukang becak minta 20 ribu pulang balik...sepakat.  Ternyata letaknya masuk ke jalan kecil, kiri kanan penuh tukang jual souvenir.  Sempat membeli kopiah di seberang menara...melihat lihat sebentar, sempat mengambil foto tapi ternyata cahaya blitz kamera saya kurang kuat untuk menangkap obyek.

Jalur pulang ternyata padat oleh pawai bedug..becak terpaksa berjalan pelan, tukang becak saya ini ternyata nyebelin,,,minta tambah dengan alasan menunggu saya belanja..grrhhhh.  Begitu sampai di parkiran mall, langsung saya kasih 25 ribu, tambah 5 ribu...si bapak ingin protes...langsung saya husssszz!!!hah...ngeselin nih si bapak.

Besok Lebaran, walaupun kita jauh di Kudus dan gak ada sanak saudara di sini, siap siap aja yuk buat besok.. mari istirahat....

Hari pertama Lebaran,,,,,Aldi dan Asyar bersiap sholat Ied di Mesjid Agung Kudus, karena saya sedang tidak sholat, memutuskan kembali melihat menara Kudus, tapi naik apa...kan semua pada sholat.  Ternyata salah satu pegawai hotel yang tidak sholat berbaik hati mengantarkan saya dengan motor,,,perkiraan sih saat itu sudah selesai ya sholatnya.

Ternyata masih ada yang duduk2 di jalanan dekat Menara, dengan sopan saya bertanya pada bapak yang sedang berdiri...
"pak, sholatnya sudah selesai? saya mau permisi lewat"...si bapak pun membalas ramah..
"sudah kok mbak, lewat aja gak papa"... saya pun permisi lewat...di depan saya ada beberapa orang masih bersila di tengah jalan, saya pun permisi 
"pak, saya mau permisi lewat"...
salah satu menoleh dan melotot, katanya, 
"mau kemana?..belum selesai, jangan lewat dulu!....mau kemana?"  
langsung dahi saya berkerut, mau kemana sih bukan urusan elo yah,,,kan saya cuma permisi lewat depan,,

Langsung saya berbalik,,,akhirnya mengobrol dengan bapak yang kebetulan berdiri dekat situ..
"masih belum selesai ya pak?..
"oh, belum mbak, tapi sebentar lagi kok...mbak dari mana?...eh, si bapak ini lebih ramah.  Akhirnya mengobrol sebentar dengan bapak tersebut dan bener saja..tampak orang berbondong bondong melewati jalan,,beneran sudah selesai artinya.

Segera saya pamit...sempat saya lirik bapak-bapak judes tadi mengamati saya, dengan santai saya melenggang melewati orang itu tanpa menoleh, apalagi senyum basa basi.

Mengamati arsitektur menara bergaya Hindu Jawa, menggeleng melihat mesjid tambahan bergaya yang gak nyambung dengan arsitektur awal.

Dan pulang, tidak ada kendaraan...saya sempat berjalan beberapa lama sebelum bertemu tukang becak, seorang bapak tua,,adeeemmm..

Becak pun dikayuh santai menuju hotel.  Suami dan anak sudah menunggu untuk kunjungan ke Ungaran.  Bepergian lagi dehh...

Tidak ada komentar: