27 Desember 2011

25 Desember di Krakatau

Sambil melirik langit dari kaca mobil, saya menyetir melalui jalan utama Cilegon yang nyaris hancur lebur dan berdebu...di depan truk truk segede transformer berbaris,..pelan..wuaduuhhh....sementara mau nyalip juga gak mungkin, lajur sebelah padat.

Setelah ngebut di jalan tol Jakarta-Merak yang lengang, merayapi jalur Cilegon adalah siksaan, untunglah kemacetan itu segera terlalui.

Mobil terus melaju melalui penginapan, hotel, resort sepanjang Anyer...Melirik sekilas ke Marbella Resort sementara masih harus melaju 25 km menuju Carita.  Jalan lumayan mulus, namun bergelombang dan berlobang di beberapa ruas.  Jika jalan menuju Puncak padat saat ini, jalan Anyer Carita sepi...

Ya, saya sedang menuju Carita untuk melakukan geo tracking ke Krakatau.  Setelah cari cari info di internet, akhirnya saya memilih 1 day paket Rp 2,5 juta untuk 3 orang, sudah semuanya termasuk makan siang dan perbekalan selama di laut.  Karena membawa anak kecil tentu saja tidak mungkin melakukan backpacker trip murmer.  Lagipula setelah dihitung hitung backpacker itu mengambil jalur Lampung.  Dari Rajabasa Lampung harus naik angkutan lagi  menuju Kalianda dan menyambung ke Canti, dari Canti sewa kapal sekitar 2 - 2,5 juta per 20 orang...itu pun kapal kayu bermotor, dengan lama perjalanan 4 jam tanpa makan siang, peralatan snorkeling harus menyewa sendiri, belum lagi bayar ijin ke krakatau dan harus berangkat jam 5 pagi. Tidak ada boat seperti dari Carita, hampir sama kan, dari Carita malah lebih menghemat waktu.

Sempat dibilang sinting, karena ke krakatau membawa anak kecil, saat gunung itu sedang aktif, dan tahu sendiri kan ombak selat sunda di bulan Desember...weitsss, liburan kalo dengan gue gak boleh yang aman nyaman, kayak ibu ibu arisan,,,harus penuh petualangan, gak level tuh taman safari sama puncak,,,itu sih liburan oma opa...hahahahh...

Karena kita hanya 3 orang dalam 1 boat, tentu dong bisa pilih boat yang keren.

Hei, saya sudah sangat terlatih untuk soal budgeting dan travel arrangement...jadi sekali lihat sudah bisa mengambil perbandingan dalam rute perjalanan dan budget.

Melewati mercu suar tua berwarna putih..waah,..sudah lama ingin menginjakkan kaki di mercu suar ini.  Sampai juga di Sunset View...ehmmm hotelnya ternyata gitu deh...tapi lumayanlah, terpaksa pindah ke suite room karena yang deluxe kurang memadai ternyata...sempat ada kayu tempat gantungan gorden jatuh karena lapuk...hekkhh...!  di depan hotel banyak warung warung kayak bakso, sate dll,,,jadi lumayan deh kalo gak mau makan di hotel tinggal nyeberang jalan. 

Besoknya, jam 07:30 telah bersiap siap di hotel menunggu jemputan, tempat pemberangkatan ternyata hanya 2 menit jalan kaki dari hotel.... Cuaca lumayan bagus...berkah tanggal 25 Desember atau memang pawangnya jago, gak tau deh.:)

Seru juga melihat boat-boat pribadi di Marina Carita....banyak orang kaya nih di Indonesia.

Jam 8 pas, boat berangkat dari dermaga...full speed menuju krakatau..bukan main seperti naik mobil di jalan rusak,,,beberapa kali kapal melambung kemudian menghantam air,,,,yang gampang mabuk dijamin muntah. Saya sempat merasa mual,,,sialan! malu dong kalo sampe keok.   Selama 90 menit membelah Selat Sunda, akhirnya samar samar sebentuk kerucut tampak mendekat.   

Mata dipelototkan, mendekati Krakatau purba yang kini tampak hijau...di sebelahnya..busyettt..itu dia anak Krakatau....hitam gosong, kapal pelan pelan berputar mengelilingi gunung itu, tampaknya gunung itu sedang anteng, tidak terdengar suara gemuruh, namun aura angker terasa banget, karang karang bertonjolan.  Bau kentut yang ternyata adalah aroma belerang langsung tercium...wewww...Buat saya yang berdarah sunda, Krakatau adalah sama mistisnya seperti Merapi buat orang Jawa.

Seperti yang sering diceritakan, gunung ini tiba tiba muncul dari bawah laut tahun 1927, didahului oleh suara menggelegak di permukaan laut.

Nahkoda, mengarahkan ke daratan, di sana sudah ada beberapa orang yang juga berniat mendaki gunung itu, gak begitu tinggi sih..tapi panasnya itu loh...hah,,,mana saya pakai tank top lagi, dijamin gosong licin,,,apesnya sih kena sun burnt.  Ya sutra deh,,maju terus, rasanya pelindung matahari juga gak berguna.

Ampun deh, ternyata menaiki anak krakatau itu bikin napas tersengal sengal mirip orang asma, melewati hutan tropis sampai akhirnya jalanan mendaki yang berupa pasir hitam hebatnya Asyar semangat sekali, ia berjalan paling depan bersama pemandu dan jadi peserta termuda. Pasirnya sangat menyulitkan...apalagi saya menyandang tas berisi botol botol aqua,,,haiyah merangkap porter deh...!!!  Orang orang bule dengan cepat sudah sampe atas,,,,yahhh,,,kakinya panjang amat ya..



 Tapi sampai di atas, ih,,bukan main,,,pemandangan bagus banget, di kejauhan terlihat pulau Lampung...selat Sunda biruuuuu banget, ada kapal pesiar yang sedang berlayar menuju Ujung Kulon.


di punggung gunung














Sempat mengobrol dengan anggota polisi kehutanan yang kebetulan ada di atas, sambil melayangkan pandangan ke seantero kawasan.  Pak pemandu menunjuk pulau tak jauh dari anak krakatau yang berbentuk memanjang, pulau Panjang. Biasanya orang pada berkemah di sana untuk menonton jika anak Krakatau sedang berulah karena kawasan yang kita datangi ini akan ditutup karena berbahaya.

Setelah mondar mandir sebentar, akhirnya kita turun.  Berhubung susah sekali mengerem langkah, akhirnya saya mencopot sendal dan bertelanjang kaki menapak ke bawah,,,sekalian scrub telapak kaki di pasir dan batu panas euyyy...kayak pemain debus....PFewwwwh...akhirnya sampai juga,,,siap siap berlayar lagi menuju pulau Rakata yang masih di gugusan alias saudaraan dengan gunung ini.  Boat berhenti di tengah perairan sebelum sampai Rakata kalo gak salah namanya Lagoon Cabe, saatnya snorkeling..yeey,,,! langsung membuka kaus dan celana karena sudah memakai pakaian renang, ambil peralatan snorkeling....tadinya malas pakai life vest, dan langsung nyebur aja ke laut,  ternyata ombaknya lumayan ganggu, susah banget memusatkan perhatian ke terumbu karang karena harus mempertahankan posisi mengambang ....ya sudah,,,sini mana pelampungnya,,,Asyar baru pertama kali snorkeling,,,tapi semangat banget, biar harus batuk batuk karena kemasukan air laut,,,,top deh,,,,Ayahnya sudah biasa snorkeling,,,jadi seliweran anteng aja.

Saking asyiknya kaki saya menghantam karang,,,wadoww,,,,dua duanya berdarah,,sial...untung gak ada binatang laut yang sering menyerupai karang, bisa putus kaki saya kalau kebetulan menginjak itu...

Kelar snorkel, barulah merapat di pantai pulau Rakata, membongkar perbekalan makan siang...eh aneh, saya sudah climbing, snorkeling seharian penuh dan tidak makan dari pagi tapi sama sekali tidak lapar...akhirnya duduk saja di pantai sambil minum kopi dan makan buah.  Eh, ada biawak, gak cuma satu tapi beberapa dan lumayan besar, melenggang santai  menjulurkan lidahnya hanya 2 meter dari tempat saya duduk...kereennn....rupanya mereka mencium bau makanan.  Biawak ini pandai berenang, kata orang yang di situ mereka datang dari pulau pulau terdekat.

Lama juga kita di Rakata, sekelompok orang bule juga sedang asyik berjemur,,,suasananya tranquil, tenang mirip pulau pribadi.  Sempat mengobrol dengan mereka yang ternyata salah satunya adalah water atau traffic consultant ya? lupa nih.

Lalu pak pemandu yang akhirnya juga merangkap sebagai kapten kapal memberi isyarat untuk kembali ke Carita sebelum ombak meninggi. Waduh bakal ngebut lagi nih selama 90 menit.  Eh beneran ngebut, ditambah acara menukik dan mengerem dadakan plus ngepot. di laut....wuidiiihhh....

Akhirnya sampai juga di Carita, busyettt,,,hitam banget nih kulit,,,,biasanya kuning langsat,,,sekarang kayak tembaga ditambah belang belang di punggung...pasti abis ini perih plus pegel.  Kalau tadi jalannya excited banget, sekarang gontai kecapekan.

Sampai hotel langsung mandi, keramas tapi sial gak bisa langsung tidur,,,adrenalin masih tinggi, sementara yang lain sudah terjun ke pulau kapuk.  akhirnya tidur juga sih.


Besoknya siap siap pulang, badan masih pegel, kulit perih,,,hah, masih harus menyetir...tapi it's ok daripada ngantuk bengong di jalan, mending nyetir deh, kali ini kita pilih lewat Labuan, Pandeglang, Serang terus langsung tol, jalannya lumayan mulus, sepi,,,pemandangan juga bagus.

Finally sampai Jakarta, gantian ah,,,,gak asyik nyetir di Jakarta,,,macet maksudnya :)....sampai juga di rumah,,,langsung deh tumpukan pakaian kotor dan basah menggunung....Sorry nih Bik, kan 2 hari kemarin santai gak ada cucian,,,besok, eng ing eeenggg, segambreng!......


Tidak ada komentar: