08 Februari 2009

Antara Fremasonry dan Kabbalah

Menurut buku "Secret Societies", Freemasonry adalah salah satu perkumpulan rahasia yang paling tua dan terkuat.

Fremasonry mengambil bentuk bentuk ritus dan tradisi dari jaman Mesir kuno yang semula dikenal dengan nama Kabbalah. Semula kaum ksatria dari Ordo Templar lah yang menjalankan ritus ini. Kabbalah yang menyusup dalam ajaran Yahudi mengaburkan ajaran monotheisme. Kabbalah merupakan tradisi mistik kuno dimana para Rabbi menjalankan upacara yang dilandasi oleh sihir.

Mereka tidak mempercayai adanya Tuhan yang menciptakan dari ketiadaan dan selalu beranggapan adanya alam karena berasal dari kekacauan. Apakah gagasan ini yang membentuk atheisme modern?

Ordo Templar memperoleh kekayaan dari hasil mengamankan rute peziarah di Yerusalem. Dengan kekayaannya mereka menarik banyak pengikut dan bebas menjalankan ritual ritual pagan Kabbalah.

Ritual ritual pagan yang sarat dengan sihir tentu bertentangan dengan ajaran gereja sehingga pada awal abad 14 Raja Perancis, Philip Le Bel bekerja sama dengan Paus Clement V membubarkan ordo ini dan menangkapi pengikutnya.

"Imam" mereka yang disebut Grand Master yaitu Jacques de Molay dihukum mati. Para pengikut ordo Templar yang lolos bergabung dengan Raja Skotlandia yang tidak mengakui kekuasaan Gereja katolik, Robert de Bruce.

Dari sanalah mereka menggunakan nama Freemason.

Menarik sekali bahwa gagasan tentang humanisme erat kaitannya Fremason. Dimana paham humanisme sendiri jika kebablasan akan meletakkan manusia di atas Tuhan. Dengan kata lain manusia adalah Tuhan.

Manusia berbuat baik tidak karena takut dengan Tuhan dan mengharap ridha Nya tapi lebih dikarenakan sebagai penghargaan terhadap manusia. Agama tidaklah berperan dalam mengatur ahlak.

Cukup mengejutkan di beberapa buku disebutkan bahwa gerakan Boedi Oetomo disokong oleh Fremasonry, bahkan beberapa tokoh seperti Hamengku Buwono VIII, Radjiman Wedyodiningrat disebut sebut sebagai tokoh Fremasonry.

Membayangkan orang Jawa yang biasanya tunduk kepada Gusti Allah adalah seorang Fremasonry yang berarti seorang atheis sepertinya cukup sulit diterima oleh pikiran saya. Tapi entahlah....

Tidak ada komentar: