06 April 2020

Kawasan Ekonomi Khusus - MANDALIKA

Apa itu Kek - kawasan ekonomi khusus?

Bila merujuk pada web https://kek.go.id/ itu adalah kawasan yang disiapkan untuk menarik investor dalam rangka mempercepat pencapaian pembangunan ekonomi nasional.  Pengembangan kek juga bertujuan mempercepat perkembangan daerah antara melalui industri pariwisata dan perdagangan sehingga dapat menciptakan lapangan kerja.

Mandalika

Salah satu yang menjadi daerah kek adalah Mandalika di Lombok.  Mandalika adalah salah satu pantai di bagian selatan Lombok yang berjarak sekitar 1 jam lebih berkendara dari Mataram.

Mandalika direncanakan akan menjadi sirkuit MotoGP pada tahun 2021 nanti.  Bukit-bukit yang mengelilingi rute juga akan menjadi tempat penonton menyaksikan adu balap tersebut.


Seperti apa Mandalika yang sedang dikebut pembangunannya?

Desember 2019 kemarin memang terlihat pembangunan fisik.  Di pinggir pantai terlihat penginapan yang cukup eksklusif.  ATM pun tersedia.
Bagaimana dengan masyarakat yang hidup di Mandalika?



Umumnya yang terlihat warga di sana berjualan kerajinan setempat seperti kain tenun yang kebanyakan penjualnya adalah perempuan, atau barang souvenir lainnya,
Apakah ekonomi warga Mandalika mengalami kemajuan yang signifikan setelah wilayah mereka ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus?  Belum jelas.  Sekedar menjadi penjaja souvenir tentu bukanlah tujuan warga,

Penjual kain di Tanjung Aan

Lombok memang tengah menggeliat dalam bidang pariwisata.  Beberapa titik yang digadang-gadang menjadi unggulan untuk menarik turis seperti Tanjung Aan, pantai Pink dan bukit Merese nampak nya belum sepenuhnya siap.  Begitu pula dengan jalur pendakian yang cukup terkenal yaitu bukit Pergasingan.


Pariwisata memang menggiurkan, namun apakah itu adalah sumber utama kesejahteraan warga? Rasanya patut dipertanyakan.  Sudah banyak cerita dampak buruk dari pariwisata dari sampah yang tidak tertangani dengan baik, perebutan sumber air, sumber air yang mengering, sengketa tanah dan lain-lain.

Bukit Merese


Sudah lazim pemerintah daerah berlomba mengundang investor untuk membuka hotel berbintang di daerahnya, ketimbang memetakan potensi daerah dan mendorong serta memfasilitasi masyarakatnya untuk mengembangkan daerah mereka sesuai dengan kearifan lokal.

Bukit Pergasingan

Yang terjadi sekarang warga setempat lebih banyak menjadi penonton pariwisata di tanah mereka.  Seperti yang terlihat di Mandalika dan tempat-tempat wisata di Lombok.


Tidak ada komentar: