20 Juli 2011

Grey's Anatomy

Tidak sengaja menonton sekilas Grey's Anatomy season 7, serial tentang sepak terjang para dokter di sebuah rumah sakit di kota besar. 

Tidak terlalu memperhatikan jalan cerita, hanya menoleh sejenak tatkala rekan di sebelah saya berteriak tertahan sementara matanya tidak lepas memperhatikan televisi.  Rupanya episode sekarang ini tentang seorang suami yang tidak terima saat istrinya divonis tanpa harapan hidup, ia merasa dipaksa mencabut alat bantu hidup istrinya, merasa dokter sama sekali tidak memberikan pelayanan seperti yang diharapkan

Sampai suatu ketika ia menggenggam senjata memasuki rumah sakit dan mulai menembaki dokter bedah di sana,

Sampai di sana saya tecenung, seorang pasien kalap sampai mengambil nyawa beberapa dokter, saya tidak tahu apakah ia penerima jamkesnas seperti di Indonesia, tapi nampaknya cukup nyaman bila dibandingkan dengan di Indonesia.

Rasanya kita di Indonesia cukup kenyang dengan pelayanan rumah sakit yang buruk sampai mengakibatkan hilangnya nyawa, dan keluarga pasien tidak dapat berbuat apa apa.  Bisa kita lihat kasus Prita yang sampai berlarut larut di meja hijau gara gara mengeluhkan kualitas layanan rumah sakit Omni yang saya yakin men-charged pasien atau customer mereka dengan cukup mahal namun imbal balik yang diberikan tidak sepadan.

Bila tokoh tokoh dalam Grey's Anatomy saat itu terjadi di Indonesia, saya yakin akan habis seluruh dokter di rumah sakit di Jakarta akibat amukan keluarga pasien yang tidak puas.

Semoga para dokter di Indonesia sempat menonton episode Grey's Anatomy yang ini.

Tidak ada komentar: